Persyaratan Detail Penulangan Kolom SNI 2019

Mengenal sebuah kolom beton ? jika belum kolom beton adalah suatu struktur yang dibuat dari besi dan beton yang difungsikan untuk menompang beban suatu bangunan , contoh senderhana adalah kolom rumah biasa diletakan pada sudut rumah atau sudut ruang. Kolom dibedakan menjadi 2 bagian yakni kolom struktur dan kolom praktis. Lalu pernahkan kita belajar mengenai persyaratan detail penulangan kolom ? jika pernah artikel ini akan membantu anda untuk lebih mengerti syarat penulangan kolom beton , namun jika belum pernah maka artikel ini akan menjelaskan dengan detail syarat detail penulangan kolom yang sesuai dengan SNI yang baru dikeluarkan pada dunia Konstruksi beton bertulang.

Penjelasan Detail Penulangan Kolom Beton


tulangan besi,tulangan beton,sambungan besi,sambungan overlap

Jumlah luas penampang tulangan pokok memanjang dibatasi dengan rasio penulangan ρg antara 0,01 dan 0,08. Secara umum luas penulangan yang digunakan antara 1,5% sampai 3 % dari luas penampang, serta terkadang dapat mencapai 4% untuk struktur berlantai banyak, namun disarankan tidak melebihi 4%. Sesuai SNI 03-2847-2002, penulangan pokok pada kolom dengan pengikat spiral minimal 6 batang, sedangkan untuk sengkang segiempat adalah 4 batang, dan segitiga minimal adalah 3 batang. Beberapa susunan penulangan seperti pada gambar diatas.

Jarak bersih antar batang tulangan pokok tidak boleh kurang dari 1,5 db atau 40 mm. Syarat-syarat lain diantaranya:

• tebal minimum penutup beton ditetapkan tidak boleh kurang dari 40 mm.

• batang tulangan pokok harus dilingkupi sengkang dengan kait pengikat lateral paling sedikit dengan batang D10 untuk tulangan pokok D32 atau lebih kecil.

• untuk tulangan pokok yang lebih besar menggunakan yang tidak kurang dari D12, tetapi tidak lebih besar dari D16.

• Jarak spasi tulangan sengkang tidak lebih dari 16 kali diameter tulangan pokok, atau 48 kali diameter tulangan sengkang, dan dimensi lateral terkecil (lebar) kolom.

• kait pengikat harus diatur sehingga sudut-sudutnya tidak dibengkokan dengan sudut lebih besar dari 135º.


Untuk tambahan jika belum mengetahui apa itu tulangan sengkang dan tulangan pokok yakni


• Tulangan Pokok

Tulangan pokok adalah tulangan utama untuk suatu struktur beton , tulangan ini mempunyai ukuran lebih besar dari tulangan sengkang , jumlah tulangan pokok minimal ada 4 buah besi.

• Tulangan Sengkang

Tulangan sengkang adalah tulangan pengikat tulangan utama.

Mungkin sampai disini untuk study kita mengenai persyaratan detail tulangan kolom yang sesuai dengan SNI konstruksi , jika masih bingung silahkan kontak saya melalui form kontak diatas

0 Response to "Persyaratan Detail Penulangan Kolom SNI 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel