Cara membuat RAB lengkap dan mudah dimengerti

Cara membuat RAB


Setelah hari lalu kita membahas pengertian RAB sekarang kita akan belajar bagaimana cara membuat RAB untuk sebuah bangunan yang telah di desain , membuat RAB sebenarnya sangat mudah namun butuh ketelitian dalam membuatnya , tidak bisa terburu-buru atau asal-asalan di karenakan RAB merupakan salah satu hal penting dalam pelaksanaan proyek.

Cara membuat RAB kali ini saya jelaskan secara step by step dan semoga penjelasan saya nanti dapat teman-teman terima dan dapat memberikan manfaat untuk kalian dalam belajar ya , untuk kalian yang ingin belajar bagaimana cara menghitung panjang overlap besi tulangan kalian bisa membacanya pada artikel sebelumnya, di artikel tersebut saya sudah jelaskan bagaimana cara menghitung serta cara membedakan kode gambar tulangan polos dan tulangan ulir.

Apa saja yang harus dilakukan untuk membuat RAB ? jika baru mengenal apa itu RAB saya jelaskan secara singkat ya , RAB / Rencana Anggaran Biaya adalah sebuah perhitungan biaya yg mencangkup kebutuhan material dan kebutuhan dana untuk pelaksanaan sebuah Proyek / pekerjaan , nah lalu apa saja yang ada pada sebuah RAB ? RAB mencangkup semua hal kebutuhan proyek antara lain

1.Perhitungan Volume
2.Analisa Harga
3.Harga Satuan
4.Speksifikasi Teknik

Setelah membaca penjelaskan singkat diatas , sekarang kita akan membahas cara membuat RAB dari awal sampai RAB itu selasai.

* Tahap pertama yang harus dilakukan adalah mempunyai gambar desain , shop drawing/gambar kerja , gambar ini dibutuhkan untuk menghitung kebutuhan volume pekerjaan proyek kalian ya.

*Tahap kedua setelah menghitung volume pekerjaan pada gambar proyek kalian adalah membuat format RAB pada microsoft excel , dalam format ini terdiri dari :

- No
- Uraian Pekerjaan
- Volume
- Bobot % ( Tidak harus )

- Harga Satuan
- Total Harga ( Volume x Harga Satuan )


Untuk gambaran RAB lihatlah pada gambar dibawah ini agar , kalian tidak bingung seperti apa yang dimaksud pada poin diatas

Cara membuat RAB

Untuk tahap kedua ini akan saya jelaskan mulai dari Nomor sampai dengan Total harga , agar teman-teman tidak bingung lagi.

- Pengertian No adalah nomor urutan pekerjan pada RAB kalian. Apa saja yang harus ada pada sebuah RAB ? dalam membuat RAB pasti ada item pekerjaan yg harus dilakukan , namun pada setiap pekerjaan tentu memiliki item pekerjaan yang berbeda tergantung dengan apa yang akan di kerjakan , pada kali ini kita kan mengambil contoh RAB dalam membuat Rumah ya , item yang ada pada RAB tersebut antara lain :

a.Pekerjaan Persiapan * Penjelasan pekerjaan persiapan adalah hal-hal yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum proyek dimulai , seperti halnya pembebasan lahan , pengukuran / stacking out , pembuatan gudang kerja. Namun jika pekerjaan proyek kalian adalah renovasi maka item pekerjaan persiapan mengimput bongkar genteng , bobok lantai , kupas kipis cata dan plester rumah dlln tergantung pada desain gambar kalian.

b.Pekerjaan Tanah
* Penjelasan pekerjaan tanah adalah hal-hal dasar dalam pembangunan rumah ( sebagai contoh ). pekerjaan tanah meliputi pekerjaan pondasi , urugan tanah ,urugan pasir.

c.Pekerjaan Beton
* Penjelasan pekerjaan beton adalah pada item pekerjaan ini mungkin kalian sudah sedikit ada gambar , pekerjaan ini meliputi pembuatan kolom , sabuk kolom, Kolom dibedakan menjadi 2 yakni Kolom Struktur dan Kolom Praktis.

d,Pekerjaan Dinding
* Penjelasan pekerjaan dinding adalah item pekerjaan yang berhubungan dengan dinding rumah , seperti pemasangan batu bata , pleseter , Aci dan Trasram ( untuk dinding kamar mandi / dinding yang memiliki volume air tinggi )

e.Pekerjaan Langit-langit
* Penjelasan pekerjaan langit-langit adalah item pekerjaan yang menyangkut atap rumah , sepertihalnya plafond , genteng , kuda-kuda.

f.Pekerjaan Lantai
* Penjelasan pekerjaan lantai adalah pekerjaan yang meliputi Pemasangan lantai , namun apa saja jenis penutup lantai ? ada 3 penutup lantai yang paling disukai adalah Keramik , Granite , dan Vynil tergantung desain dan speksifikasi teknik pada bangunan tersebut.

g.Pekerjaan Cat
* Penjelasan pekerjaan Cat adalah pekerjaan yang meliputi pengecatan rumah , pekerjaan ini biasa disebut juga pekerjaan akhir / finishing. Jenis cat yang digunakan tentu berbeda pada Ekterior dan Interior rumah , jika ingin mengecat ruangan luar / Eksterior cat yg digunakan haruslah bersertifikat Weather shield dan jika ingin mengecat ruangn dalam / Interior cat yang digunakan adalah Pentalite

h.Pekerjaan Mekanikal dan Elektrikal

* Penjelasan pekerjaan Mekanikal dan Electrikal adalah pekerjaan yang berhubungan dengan instalasi listrik , baik lampu , stop kontak , saklar , box MCB dan Power Suply.

i.Pekerjaan Plumbing dan Sanitasi
* Penjelasan pekerjaan plumbing dan sanitasi adalah item pekerjaan yang berhubungan dengan instalasi saluran air , baik saluran air bersih , saluran air kotor , septictank. Berapa jarak minimal saluran air bersih dan septictank ? jarak yg harus dibuat minimal adalah 15m.

j.Pekerjaan Pemasangan pintu dan jendela
* Penjelasan pekerjaan pemasangan pintu dan jendela ini adalah item pekerjaan yang berhubungan dengan pemasangan pintu dan jendela, pemasangan ini harus sesuai dengan gambar kerja / shop drawing, baik titik lokasi dan ukuran.

k.Pekerjaan lain-lain
* Penjelasan pekerjaan lain-lain adalah item pekerjaan akhir ini hanyalah pekerjaan pembersihan.

- Pengertian Uraian Pekerjaan adalah nama-nama pekerjaan yang akan dilakukan pada proyek seperti penjelasan diatas , uraian pekerjaan lebih kespeksifik atau lebih detail sebagai contoh point d.Pekerjaan dinding dalam point ini maka dalam uraian pekerjaan akan lebih di jabarkan sebagai berikut :

d.Pekerjaan dinding

- Pasangan batu bata
- Plesteran
- Aci

Seperti itulah yang dimaksud dengan uraian pekerjaan.

- Pengertian Volume adalah jumlah perhitungan volume yang telah dihitung untuk dikalikan dengan harga satuan untuk mengetahui total jumlah pada setiap pekerjaan pada RAB

- Pengertian Bobot % adalah item yang difungsikan untuk mengetahui proges pada suatu proyek ,bagaimana cara mengetahui bobot pekerjaan tersebut ? cara menghitung bobot pekerjaan adalah dengan cara ( Harga total : Total Kontrak + PPN 10% ) x 100%.

Sebagai contoh seperti berikut

Pemasangan batu bata merah total harga Rp.5.000.000 dan jumlah kontrak adalah Rp.50.000.000
Maka ( Rp.5.000.000 : 50.000.000 ) x 100% =10% , maka bobot pekerjaan pemasangan batu bata adalah 10%.

- Pengertian Harga satuan adalah harga setiap item pekerjaan , harga satuan ini diperoleh dari analisa harga satuan yang sudah mengingput data koefien volume material , upah tenaga dan harga material sesuai dengan SNI , seperti apa uraian pekerjaan ini ? saya akan berikan contoh gambar dibawah ini

Cara membuat RAB lengkap

Seperti inilah contoh analisa harga sesuai dengan SNI 2019 .

- Pengertian Total Harga adalah total harga yang didapat dari hasil perkalian total volume x harga satuan , untuk point ini mungkin banyak dari teman-teman yang sudah mengerti bukan.

Bagaimana apakah sekarang teman-teman memiliki gambaran tentang cara membuat RAB ? jika ada pertanyaan mengenai membuat RAB dan ada yang ingin mendapatkan contoh RAB bisa menghubungi saya melalui contact form ya. 

Buat yang ingin info kesehatan terbaru bisa mengunjungi Kapsulsakti.com 

0 Response to "Cara membuat RAB lengkap dan mudah dimengerti"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel