5 APLIKASI YANG SERING DIGUNAKAN PADA TEKNIK SIPIL



5 APLIKASI YANG SERING DIGUNAKAN PADA TEKNIK SIPIL


Sebelum membahas Aplikasi yang sering digunakan pada Teknik Sipil , mimin mau bertanya ni pada kalian , ada yang mempunyai cita-cita menjadi seorang Arsitektur ? jika iya maka mungkin artikel ini sangat cocok untuk kalian yang ingin mengetahui dunia Arsitektur , ternyata berdirinya sebuah bangunan gendung yang bagus dan kokoh , banyak sekali profesi yang terlibat dalam pembangunan gedung tersebut lo , mulai dari Arsitektur , Civil Engineerring , Konsultan Struktural dan Konsultan Pengawasan. Jadi tidak hanya Arsitektur yang bekerja dalam membangun gedung tersebut ya , kita akan membahas mengenai Civil Engineering / Teknik Sipil , jika kalian baru lulus SMA dan sederajat atau bahkan ingin melanjutkan ke Teknik Sipil , kalian akan selalu menjadi salah satu tokoh penting dalam dunia bangunan loh , Kamu bisa menjadi seorang PM ( Project Manager ) , SM ( Site Manager ) , Surveyor ( Juru Ukur ) , QS / QC ( Quality Control ) dan Drafter.

Ada yang tau apa itu Drafter ? Drafter itukan supir min ? bukan ya drafter adalah juru gambar yang membuat lebih detail gambar kerja / Shop Drawing yang di gunakan dalam pelaksanaan di lapangan ya , Drafter mempunyai tanggung jawab membuat gambar sesuai dengan desain dan lapangan yang ada , selain itu drafter juga harus memastikan bahwa gambar yang di buatnya tepat dan bisa di terapkan di lapangan ya , jika kalian mempunyai cita-cita setelah lulus ingin menjadi seorang drafter , kalian wajib nih menguasai 5 Aplikasi yang sering di gunakan pada teknik sipil , aplikasi-aplikasi ini wajib kalian kuasai untuk menunjang dalam membuat gambar kerja / Shop Drawing nantinya.

5 APLIKASI YANG SERING DIGUNAKAN PADA TEKNIK SIPIL

1.Aplikasi AutoCad

AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga produk AutoCAD, secara keseluruhan, adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia.
AutoCAD digunakan oleh insinyur sipil, land developers, arsitek, insinyur mesin, desainer interior dan lain-lain.
Format data asli AutoCAD, DWG, dan yang lebih tidak populer, Format data yang bisa dipertukarkan (interchange file format) DXF, secara de facto menjadi standard data CAD. Akhir-akhir ini AutoCAD sudah mendukung DWF, sebuah format yang diterbitkan dan dipromosikan oleh Autodesk untuk mempublikasikan data CAD.
AutoCAD saat ini hanya berjalan disistem operasi Microsoft. Versi untuk Unix dan Macintosh sempat dikeluarkan tahun 1980-an dan 1990-an, tetapi kemudian tidak dilanjutkan. AutoCAD masih bisa berjalan di emulator seperti Virtual PC atau Wine.
AutoCAD dan AutoCAD LT tersedia dalam bahasa Inggris, Jerman, Prancis, Italia, Spanyol, Jepang, Korea, Tionghoa Sederhana, Tionghoa Tradisional, Rusia, Ceko, Polandia, Hongaria, Brasil, Portugis, Denmark, Belanda, Swedia, Finlandia, Norwegia dan Vietnam.

2.Aplikasi SAP2000
Program SAP2000 merupakan pengembangan SAP (structure Analysis Program) yang dibuat oleh Prof. Edward L. Wilson dari University of California at Berkeley, US sekitar tahun 1970. pada tahun 1975 dibentuklah perusahaan Computer & Structure, Inc. dipimpin oleh Ashraf Habibullah yang bertujuan untuk melayani keperluan komersial.
Program SAP2000 dapat melakukan perhitungan analisis struktur statik / dinamik, saat melakukan desain penampang beton bertulang maupun struktur baja, SAP2000 juga menyediakan metode interface (antarmuka) yang secara grafis mudah digunakan dalam proses penyelesaian analisis struktur.
Urutan proses analisis dan desain struktur dalam SAP2000 adalah sebagai berikut :
1. Penentuan Model Strutur
2. Penetapan Penampang Struktur
3. Penetapan Penampang Elemen Struktur
4. Penetapan Kondisi Pembebanan
5. Penentuan Beban pada Struktur
6. Analisis Model
7. Penampilan Deformasi Struktur
8. Penampilan gaya-gaya dalam
9. Pemeriksaan Tegangan Elemen
Pada umumnya SAP2000 digunakan untuk menganalisis struktur bangunan atas, sehingga jarang orang menggunakan untuk analisis pondasi bangunan. Orang lebih suka menggunakan SAFE untuk desain pondasi.

3.Aplikasi HEC-RAS

Aplikasi HEC-RAS, yaitu aplikasi yang diberikan secara freeware oleh Hydrologic Engineering Center Us Army. Aplikasi HEC-RAS ini menitik beratkan pada analisa Hidraulika pada sebuah Sungai / River Analysis Sistem, lain halnya dengan aplikasi serupa yang di keluarkan yaitu HEC-HMS yang menitik beratkan kepada analisa Hidrologinya. Sebelumnya Tulisan ini didapatkan dari hasil belajar dan dari berbagai sumber yang terdapat di Internet .

4.Aplikasi ETabs

ETABS adalah salah satu software yang sangat populer di dunia teknik sipil. Software ini sangat cocok digunakan dalam melakukan pemodelan struktur, analisis dan desain. ETABS dan SAP 2000 adalah software yang dibuat oleh CSI Berkeley. ETABS menjadi pilihan utama bagi para enginner dalam melakukan analisis dinamik untuk proyek-proyek yang besar. Apabila dilakukan perhitungan secara manual, maka akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit karena analisis dinamik tidak sama dengan analisis statik yang cukup mengandalkan konsep kesetimbangan gaya.

5.Aplikasi Plaxis

PLAXIS 2D adalah program elemen hingga dua-dimensi, yang dikembangkan untuk analisis deformasi , stabilitas dan aliran air tanah dalam rekayasa geoteknik . PLAXIS 2D adalah bagian dari rangkaian produk-produk PLAXIS , paket program elemen hingga yang digunakan di seluruh dunia untuk desain dan rekayasa geoteknik.
Perkembangan PLAXIS dimulai pada tahun 1987 di Delft University of Technology sebagai inisiatif dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Pengelolaan Air (Rijkswaterstaat) Belanda. Tujuan semula adalah untuk mengembangkan kode elemen hingga 2D yang mudah digunakan untuk analisis tanggul sungai di tanah lunak dari dataran rendah Belanda. Dalam beberapa tahun berikutnya, PLAXIS telah diperluas untuk mencakup sebagian besar wilayah lain untuk rekayasa geoteknik. Karena aktifitas terus berkembang, perusahaan PLAXIS (Plaxis bv) dibentuk pada tahun 1993.
Pada tahun 1998, pertama kali PLAXIS 2D untuk Windows dirilis. Sementara itu kernel penghitungan untuk perhitungan 3D elemen hingga dikembangkan yang menghasilkan rilis program 3D Tunnel pada tahun 2001. 3D Foundation adalah program kedua dari PLAXIS tiga-dimensi, dan dikembangkan bekerjasama dengan TNO. Program 3D Foundation telah dirilis pada tahun 2004. Namun, baik dalam 3D Tunnel ataupun 3D Foundation tidak dimungkinkan untuk menentukan sembarang geometri 3D, karena keterbatasan geometris mereka. PLAXIS 3D adalah program PLAXIS tiga dimensi penuh yang menggabungkan antarmuka yang mudah digunakan dengan fasilitas pemodelan 3D penuh. Program PLAXIS 3D dirilis pada tahun 2010.
PLAXIS 2D adalah paket elemen hingga ditujukan untuk analisis dua dimensi deformasi dan stabilitas dalam rekayasa geoteknik. Hal ini dilengkapi dengan fitur untuk menangani berbagai aspek struktur geoteknik dan proses konstruksi menggunakan prosedur komputasi yang kuat dan secara teoritis suara.
Dengan PLAXIS 2D geometri model dapat dengan mudah didefinisikan dalam mode tanah dan struktur, setelah model padat independen secara otomatis dapat dipotong dan menyatu. Modus konstruksi dipentaskan memungkinkan untuk simulasi proses konstruksi dan penggalian dengan mengaktifkan dan menonaktifkan cluster tanah dan obyek struktural. Perhitungan kernel memungkinkan simulasi realistis dari linear, waktu perilaku non tergantung dan anisotropik tanah dan / atau rock. Karena tanah merupakan bahan multi-fase, prosedur khusus memungkinkan untuk perhitungan yang berhubungan dengan tekanan hidrostatik pori hidrostatik dan non dalam tanah. Output terdiri dari rangkaian lengkap dari alat visualisasi untuk memeriksa rincian model tanah-struktur 2D bawah tanah.
Aplikasi PLAXIS umum termasuk: menilai pemindahan permukaan jalan selama pembangunan terowongan, analisis konsolidasi tanggul, pemindahan tanah di sekitar pit penggalian, bendungan stabilitas selama tingkat air yang berbeda, dan banyak lagi.
PLAXIS 2D adalah program geoteknik user friendly menawarkan fleksibel dan interoperable geometri, simulasi realistis dari tahap konstruksi, perhitungan kernel kuat dan dapat diandalkan, dan pasca-pengolahan komprehensif dan rinci, sehingga solusi lengkap untuk desain geoteknik harian Anda dan analisis.


5 Aplikasi diatas adalah aplikasi berbasis Windows ya , jadi kusus buat komputer atau Pc , 5 Aplikasi ini sangat membantu kalian dalam praktikum kuliah kalian , selamat belajar dan sampai jumpa pada artikel saya selanjutnya.

0 Response to "5 APLIKASI YANG SERING DIGUNAKAN PADA TEKNIK SIPIL"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel