Tips Wawancara Kerja Untuk Fresh Gratuade

Tips Interview Kerja

Bagi kebanyakan orang pasti akan merasa takut , gelisah dan senang ketika mendapatkan sebuah panggilan interview pekerjaan , apalagi interview pekerjaan disebuah perusahaan ternama atau perusahaan yang memang mempekerjakan sesuai dengan minat dan pasion anda. Tentu hal itu pasti akan membuat anda jauh lebih tertekan , hal tersebut lumrah dan pasti semua orang merasakan hal tersebut ketika mereka akan melaksanakan test interview kerja untuk pertama kalinya.

tips wawancara pekerjaan,tips wawancara untuk pertama kali interview

Tips wawancara kerja untuk fresh gratuade , apa saja teknik yang di gunakan dalam menjawab semua pertanyaan HRD atau orang yang di percaya perusahaan untuk mengetest kepribadian anda , sebelum membahas inti Tips wawancara kerja untuk fresh gratuade , kita lebih baik membahas terlebih dahulu tujuan di lakukanya test interview.

Test interview kerja biasa di lakukan setelah anda berhasil lolos test administrasi dan kesehatan , namun tidak semua perusahaan melakukan test kesehatan , di karenakan tidak semua perusahaan mengharuskan karyawannya memiliki tubuh yang ideal , mulai dari tinggi , berat badan , dan lain-lain.

Mengapa begitu ?
jawabanya adalah perusahaan memiliki standart kusus yang berbeda , ada perusahaan yang mengharuskan calon pelamar pekerjaan harus memiliki badan yang ideal ketika hendak melamar di perusahaannya, perusahaan seperti ini biasanya perusahaan yang bergerak di bidang jasa , fasilitas umum , politik , dan tentunya keamanaan.

Apa maksud dengan test administrasi ?

Test administrasi ialah test yang di lakukan sebagai media seleksi kemampuan atau kualitas anda dalam bidang akademik , test ini biasanya di mensyaratkan beberapa hal , mulai dari pendidikan , pengalaman anda ataupun pernyataan bahwa anda tidak pernah terjerat kasus hukum yang dibuktikan oleh Surat Keterangan Catatan Kepolisian ( SKCK ).

Apa saja kelengkapan perlengkapan untuk test administrasi ?

* Surat Lamaran pekerjaan yang di tujukan untuk HRD perusahaan
* Curriculum Vitae ( CV ) atau data diri
* Ijazah / Foto Copy Ijazah Terakhir di legalisir 
* SKCK ( Surat Keterangan Catatan Kepolisian )
* Surat Pengalaman Pekerjaan ( Untuk yang sudah pernah berkerja )
* Sertifikat Keahlian ( Biasanya dapat menjadi nilai plus )
* Pas Foto 3x4 dengan warna background ( Biru / Merah )
* Foto Copy KTP ( Kartu Tanda Penduduk )
* Foto Copy KK ( Kartu Keluarga )
* Foto Copy Agta Kelahiran

Itulah poin-poin penting yang di syaratkan agar anda bisa lolos seleksi administrasi , akan tetapi banyak perusahaan yang hanya ingin mengetahui data CV , KTP dan portofolio jika anda sudah berpengalaman atau pernah bekerja sebelumnya.

Apa saja yang membuat kita tidak lolos test interview ?

Kita membahas inti dari artikel ini , banyak orang yang kecewa ketika setelah test interview tidak mendapatkan test selanjutnya , mengapa hal tersebut bisa terjadi ? pasti anda bertanya-tanya mengapa anda belum bisa lolos mengikuti test tersebut.

* Anda tidak memiliki kriteria non akademik yang di persyaratkan oleh perusahaan
* Anda tidak mengetahui pekerjaan yang akan di berikan tanggung jawabnya kepada anda
* Anda tidak memiliki kedisplinan sesuai ketentuan perusahaan
* Anda tidak mempunyai komitmen dan keteguhan
* Anda memiliki kepribadian ganda ketika interview
* Anda terlalu menjawab pertanyaan sesuai dengan zona aman ,sehingga perusahaan tidak                    mengetahui jati diri anda
* Salary yang anda harapkan tidak sesuai dengan kemampuan anda

6 point di atas harus anda perhatikan agar anda bisa di terima oleh perusahaan yang ingin anda tempati. Apa yang di masksud dengan kepribadian ganda ? yang di maksud disini adalah anda menjawab pertanyaan yang kebanyakan orang lain menjawab seperti itu juga , hal tersebut yang sering sekali membuat orang gagal ketika interview kerja.

Tips Wawancara Kerja Untuk Fresh Gratuade ?

Tips ini adalah tips yang saya tulis melalui pengalaman saya selama ini , bercerita sedikit mengenai pengalaman saya wawancara kerja , saya pernah wawancara hampir 8x dan semua itu berhasil , namun tidak semua perusahaan itu saya ambil untuk test berikutnya di karenakan beberapa hal , yaitu tempat , salary , tanggung jawab yang akan saya pikul , mengapa begitu ? ketika kita hanya berfikir yang terpenting saya bekerja untuk batu loncatan , itu adalah pemikiran yang salah.

Saya pastikan salah di karenakan ketika kamu sudah tau kemampuanmu dan kamu sudah suka dengan pekerjaan itu , kamu akan merasa nyaman dengan pekerjaanmu walaupun banyak masalah yang akan datang.

Apa saja tips wawancara kerja untuk orang yang baru pertama kali kerja ?

* Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Meminta Restu orang tua

Faktor terpenting berhasilnya interview adalah restu dari orang tua dan tentunya memasrahkan semua kepada Tuhan Yang Maha Esa .

* Datanglah lebih awal dari jam yang di tentukan oleh HRD untuk anda wawancara

Mengapa begitu ? dengan anda lebih awal datang , anda menunjukan bahwa anda memiliki sikap yang di siplin waktu dan menghargai perusahaan tersebut.

* Berpakaian Rapi dan bersih

Salah satu faktor di terima tidaknya anda ketika test interview adalah cara anda berpakaian , karena sebelum orang mengajak anda ngobrol pasti mereka akan melihat cara berpakaian anda.

* Murah seyum dan rileks

Menjadi nilai tersendiri ketika anda bisa rileks dan murah seyum ketika wawancara , kenapa seperti itu ? jawabanya adalah ketika anda rileks HRD yang akan mengetest anda akan berfikir anda optimis baik segi akademik maupun non akademik.

* Banyaklah memberikan pernyataan anda dengan HRD 

Apa yang di maskud disini adalah anda tidak hanya menjawab saat ditanya oleh HRD , biasakan untuk memberikan profil , pengalaman , minat anda kepada HRD tanpa harus di tanya , hal tersebut membuat HRD menilai anda adalah orang yang gampang beradaptasi dengan orang baru , di karenakan anda akan berkerja bersama team yang lain.

* Berikan nominal salary yang anda inginkan

Untuk poin ini termasuk poin terakhir ketika wawancara akan berakhir , sebelum anda menyebutkan nominal salary / gaji anda , akan jauh lebih baik anda mengukur kemampuan anda sendiri dan kebutuhan anda untuk 1 bulan pertama.

Kesalahan kebanyakan orang yaitu tidak mau menyebutkan nominal dan memilih untuk membalikan pertanyaan atau memilih untuk nurut mau di gaji berapa oleh perusahaan , hal tersebut adalah salah dikarenakan perusahaan memiliki standart kusus untuk memberikan salary kepada karyawan sesuai dengan pengalaman dan ijasah pendidikannya.

Mengapa saya menyebutkan kebutuhan untuk 1 bulan pertama ? jawabanya adalah ketika kita sudah di terima bekerja , ketika anda menunjukan progess kinerjamu dengan amat teramat bagus , secara tidak langsung anda akan mendapatkan kenaikan gaji atau bonus dari perusahaan anda.

Itulah tips wawancara untuk anda yang ingin mengikuti interview kerja , artikel ini saya tuliskan dengan pengalaman pribadi saya selama ini , tentunya hal tersebut tidak lain berkat doa orang tua.

Semoga berhasil untuk anda yang ingin mengikuti test interview kerja, jangan lupa untuk meminta doa restu orang tua dan tentunya optimis dengan kemampuan anda.

Jangan lupa untuk selalu meninggalkan komentar kritik serta saran pada kolom komentar di bawah ini , agar saya dapat menuliskan artikel yang bermanfaat untuk anda.



0 Response to "Tips Wawancara Kerja Untuk Fresh Gratuade"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel