Cara Membedakan Kode Tulangan Pada Gambar Teknik

Cara membaca gambar teknik



Selamat hari arsitektur sedunia , kali ini saya akan memberikan sebuah tips mengenai dunia Teknik Sipil , apa yang akan kita bahas adalah cara membaca gambar teknik tepatnya cara membedakan kode pada detail penulangan suatu konstruksi bangunan , jika anda baru saja mengenal gambar teknik , maka akan banyak kode yang membuat anda bingung , jika membahas gambar teknik maka banyak sekali kode yang di gunakan untuk membedakan material dlln. Untuk artikel kali ini saya akan memberikan cara membaca gambar teknik untuk sebuah detail penulangan.

Seorang Enginerring sangatlah berpengaruh pada sebuah struktur yang akan di bangun , sebab ada peribahasa mengatakan " jika bangunan itu kokoh dan luar biasa maka yang akan di puji adalah artsitektur , jika bangunan itu gagal maka yang akan di salahkan adalah enginerring" seperti itulah peribahasa di dunia sipil.

Ada 2 hal pokok paling penting dalam sebuah konstruksi bangunan , pertama adalah pondasi yang kedua adalah penulangan , 2 hal ini paling penting dalam sebuah konstruksi , jika anda bekerja pada suatu bangunan yang lebih dari 3 lantai maka tulangan yang di gunakan tidaklah kecil dan tentunya berbeda dengan tulangan pada bangunan yang di bawah 3 lantai tersebut.

Cara membaca gambar teknik - jika anda melihat sebuah detail penulangan , maka anda akan menemui banyak kode tulangan ada yang seperti ini D13 - 200 dan ada juga ø13 - 200 , lalu apakah perbedaanya ? lalu bagaimana cara membaca gambar tersebut ?

Pembahasan :

Sebelum anda menentuakan jarak tulangan , alangkah baiknya anda mencari satuan yang di gunakan dalam gambar kerja tersebut , contoh yang saya berikan adalah menggunakan satuan MM  ( Milimeter )

D13 - 200 = Besi diameter 13 dengan jarak 200mm
ø13 - 200 = Besi diameter 13 dengan jarak 200mm

Perbedaannya adalah jika gambar menggunakan kode  ( D ) berarti besi yang di gunakan adalah besi ulir dan jika gambar menggunakan kode ( ø ) berarti besi yang di gunakan adalah besi polos.

Itulah perbedaan mengenai kode pembesian yang di gunakan dalam gambar teknik , semoga bermanfaat buat yang baru terjun ke dunia Sipil , sampai jumpa pada artikel saya selanjutnya.

0 Response to "Cara Membedakan Kode Tulangan Pada Gambar Teknik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel